Label

Selasa, 10 Februari 2015

Enam sajian Kuliner khas Myanmar yang wajib Anda Coba

Mohinga
Myanmar adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki kuliner-kuliner unik dan khas. Keragaman etnis di Myanmar menjadikan negara ini memiliki banyak menu-menu yang beragam. Kuliner khas Myanmar kebanyakan merupakan masakan dari suku Bamar, Shan, dan Kuki dimana cita rasa dan bumbu masakan yang digunakan berasal dari India, China, dan Thailand.
Kuliner khas Myanmar lebih banyak menyajikan makanan berbahan dasar ikan. Thohk, sejenis salad dari sayuran segar merupakan salah satu masakan populer disana. Untuk Anda yang ingin menikmati cita rasa sajian dari Myanmar, berikut beberapa sajian yang wajib Anda coba.
1. Laphet Thohk
Laphet Thohk adalah makanan yang sangat terkenal bagi warga Myanmar. Makanan ini adalah sejenis salad yang disajikan dengan daun teh yang telah difermentasikan. Menu ini biasanya dijadikan cemilan, makanan pembuka, atau sajian untuk lauk pauk. Daun teh yang difermentasi dipadukan dengan kubis, tomat, kacang yang disangrai, minyak bawang putih, cabai.
2. Nga htamin
Nga htamin adalah nasi ikan yang Mirip dengan nasi kuning dari Indonesia. Olahan masakan ini berasal dari makanan suku Shan. Nasinya dimasak dengan campuran kunyit dan rempah-rempah. Setelah itu akan disajikan bersama ikan dan minyak bawang putih. Hidangan ini akan semakin nikmat dengan campuran bawang putih mentah dan daun bawang perai.
3. Hto-hpu nwe
Hidangan yang satu ini sangat unik. Hto-hpu nwe adalah makanan yang berasal dari olahan suku Shan. Hto-hpu nwe berarti tahu hangat. Namun, uniknya makanan ini tidak berbahan dasar dari tahu. Hto-hpu nwe adalah bubur kental yang diolah dari tepung kacang polong. Lalu disajikan dengan bihun, daging ayam atau babi dengan minyak cabai, sayur, dan kaldu.
4. Mohinga
Mohinga merupakan makanan nasional Myanmar. Makanan ini berbahan dasar tepung beras yang semakin nikmat dinikmati dengan tambahan ikan, kaldu daun bawang, pelepah pisang, telur rebus, air jeruk, cabai kering, dan rempeyek lentil. Menu ini kini disajikan sebagai menu sarapan.
5. Sanwin makin
Sanwin makin merupakan hidangan penutup khas Myanmar. Sajian kue manis dengan warna kecoklatan. Camilan ini berbahan dasar dari gandum, gula, mentega, dan kelapa.
6. Mont Di
Mont Di termasuk makanan cepat saji tradisional dari Myanmar. Kuliner khas Myanmar yang satu ini berbahan dasar bihun yang disajikan sebagai sup dari nga-pi, sejenis pasta ikan. Sebagai variasi terkadang ditambah ikan goreng tepung dan lainnya. Biasanya ikan yang digunakan adalah sejenis belut atau Nga-shwe.
Buat Anda yang akan berkunjung dan menikmati wisata di Myanmar, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati beragam makanan dan cemilan khas nikmat dan unik disana. Semoga informasi di atas dapat menjadi panduan bagi Anda yang bersiap berwisata kuliner di Myanmar. Selamat menikmati.
sumber : http://travelblog.ticktab.com/2014/06/05/enam-sajian-kuliner-khas-myanmar-yang-wajib-anda-coba/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar