Label

Selasa, 24 Februari 2015

Bumba Meu Boi, Tarian Tradisional Brazil yang Bersifat Magis


Bumba Meu Boi  adalah salah satu jenis bentuk dari tarian teatrikal tradisional. Dalam sebuah cerita rakyat yang mengatakan ada tarian yang terdiri dari slunan musik, pemakaian kostum dan juda dram dan termasuk juga seekor sapi jantan. Yang mana jika nanti mati akan di bawa untuk bertahan hidup. Sebenarnya cerita rakyat ini memiliki banyak sekali versi, namun yang menjadi tokoh utama ialah si sapi jantan ( dimainkan oleh orang yang menggunakan kostum).

Lalu ada juga catrina yang merupakan seorang wanita jelek yang sedang mengandung yang selalu bermain dengan seorang pria yang membosankan. Kemudian ada tokoh koboi jahat yang terus menyerang si sapi jantan dan wanita buruk tersebut. Ia menyerang sapi jantan itu karena ia ingin sekali sapi itu mati di tangannya, ia seorang pendeta, dan juga seorang yang kaya dan memiliki kekuasaan penuh sebagai pemilik sapi jantan tersebut. Dan musik nya adalah musik yang mana berasal sari drum yang ajaib, yang mampu membuat sang sapi jantan itu hidup kembali.


Festival tarian ini di lakukan secara berkelompok. Dan keseluruhan dari mereka mengatakan jenis tarian Bumba Meu Boi yang berasal dati legenda ini dapat di temukan di daerah pinggiran negara Brazil. Bumba Meu Boi yang juga berarti “Hit My Bull” atau bahasa latinnya Boi Bumbá merupakan festival daerah paling popular. Festival ini di ambil dari daerah utara dan juga di daerah timur laut Brazil yakni di Psongs. Walaupun perayaan ini di temukan di pinggiran negara. Dari dua sisi festival ini memiliki dua cabang utama pada jalan jalan yang akan menjadi jelas dan terlihat berwarna. Dan kota dari Parintins merupakan satu satu nya tempat di dunia dimana iklan Coca Cola berwarna biru!
sumber : http://uniqpost.com/34683/tarian-magis-bumba-meu-boi-dari-brazil/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar